Senin, 16 Januari 2012

hewan pemakan daging

A. PENGERTIAN KARNIVORA
Karnivora atau maging adalah hewan yang makanannya kebanyakan adalah daging, baik yang dimakan hidup-hidup atau berasal dari daging hewan yang sudah mati. Kata karnivora berasal dari bahasa Latin carne yang berarti daging dan vorare yang berarti "memakan"). Kata ini juga dapat digunakan untuk menyebut mamalia dalam ordo Carnivora yang pada umumnya sesuai dengan definisi pertama. Karnivora yang memakan serangga sebagai makanan utamanya disebut insektivora, sedangkan karnivora yang memakan ikan sebagai makanan utamanya disebut piskivora.
                                          B. MACAM-MACAM HEWAN KARNIVORA
Insektivora
      
Insektivora adalah sebutan untuk organisme yang Makanannya adalah serangga dan hewan kecil lainnya. Binatang yang dimaksud sebetulnya bukan binatang besar tetapi serangga seperti lalat, semut, laba-laba, hingga anak kodok. Nepenthes alata.
  
1. Capung
          Termasuk serangga karnivora. Biasanya capung imemakan serangga kecil yang ada di udara karena ia melakukan segala hal di udara. Ada juga capung yang memakan sesama capung yang ukurannya lebih kecil. Capung memiliki dua macam yaitu capung subordo Anisoptera dan subordo Zygoptera (capung jarum).
Capung, Hewan berukuran mungil ini dari ordo Odonata. Capung memiliki dua pasang sayap, capung juga biasanya memiliki warna cerah dan mencolok, seperti merah, hijau, kuning atau oranye, tapi ada juga beberapa zapung dengan warna gelap, seperti hijau tua, hitam atau merah tua.

2. Burung  
ada juga burung yang memakan serangga sebagai makan utamnya biasanya memakan belalang . burung ini termasuk hewan insektivora. burung yang memakan serangga memiliki paruh yang kecil namun tidak tajam kakinya memiliki cakar namun tidan setajm seperti pemakan daging.


 
             PISKIVORA
             Piskivora adalah hewan karnivora yang makanan utamanya adalah ikan.
 
 
1. BERUANG KUTUB
  Beruang kutub hidup di atas massa es samudra Arktik Kutub Utara, merupakan karnivora terbesar di daratan. Pejantannya bisa mencapai berat tubuh 350 hingga 680 kg, sementara yang betina hanya separuh berat pejantan. Walaupun beruang kutub ini berkaitan erat beruang coklat, beruang ini telah berevolusi untuk menghuni alam yang ekstrim dengan beberapa karakteristiknya. Beruang kutub umumnya lahir di daratan, tapi menghabiskan hidupnya di atas lapisan es Kutub Utara.
 
2. ELANG
Elang merupakan hewan pemangsa. Makanan utamanya hewan mamalia kecil seperti tikus, tupaidan ayam. Terdapat sebagian elang yang menangkap ikan sebagai makanan utama mereka. Paruh elang tidak bergigi tetapi mempunyai bengkok yang kuat untuk mengoyak daging mangsa. Burung ini juga mempunyai sepasang kaki yang kuat dan kuku yang tajam untuk mencengkeram mangsa serta daya penglihatan yang tajam untuk memburu mangsa dari jarak jauh.
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar